Kamis, 26 April 2018

Inilah Beberapa Teknik Rock Climbing yang Benar untuk Anda yang Masih Awam

Inilah Beberapa Teknik Rock Climbing yang Benar untuk Anda yang Masih Awam

Bagi para pecinta alam maka ketinggian tentunya bukan hal yang menakutkan. Terlebih lagi bagi Anda yang menyukai tantangan, maka Anda dapat untuk mencoba olahraga rock climbing atau panjat tebing yang akan menguji pada keberanian Anda untuk panjat tebing dengan ketinggian yang luar biasa. Sedangkan untuk melakukan panjat tebing itu sendiri pun juga akan membutuhkan persiapan mental, fisik sekaligus mempersiapkan pada peralatan dengan cara yang tepat.

Bagi para pemula maka sudah menjadi hal yang wajar bila banyak para masyarakat yang harus mengetahui pada teknik dalam panjat tebing yang tepat. Apabila Anda menggunakan teknik yang salah, maka hal ini pun juga akan membahayakan diri Anda sendiri, sehingga penting bagi Anda untuk memperhatikan pada segala halnya dengan sebaik mungkin. Sedangkan untuk melakukan panjat tebing ini pun juga tidak hanya untuk menguji adrenalin pada tubuh saja, akan tetapi panjat tebing juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk latihan fisik dengan serius.

Bagi Anda yang masih pemula untuk melakukan panjat tebing atau rock climbing, maka Anda dapat untuk mengetahuinya melalui beberapa teknik yang ada di bawah berikut ini, yaitu:

1. Face climbing.
Teknik ini yaitu dengan memanjat permukaan tebing yang terdapat rongga maupun tonjolan untuk pijakan kaki atau pegangan tangan. Untuk mempertahankan pada keseimbangan badan.

2. Friction/Slab Climbing.
Teknik ini mengandalkan pada gaya gesekan untuk penumpu. Cara ini dilakukan pada bagian permukaan tebing dengan bentuk yang terlalu vertical.

3. Fissure Climbing.
Teknik ini memanfaatkan pada celah digunakan anggota badan dan berfungsi untuk pasak.

Itulah teknik penting yang harus Anda perhatikan dengan sebaik mungkin pada saat Anda akan melakukan panjat tebing, terlebih lagi bagi Anda yang masih dalam tahap pemula yang mampu memberikan kenyamanan pada saat Anda melakukan olahraga yang satu ini, terlebih lagi untuk teknik yang dilakukan pada panjat tebing ini pun juga tidak terlalu sulit untuk Anda pelajari lebih lanjut. Dengan teknik yang tepat dan benar maka hal ini pun juga akan menjadikan kegiatan panjat tebing Anda dapat berjalan dengan baik tanpa menyebabkan cidera atau bahaya yang dapat membahayakan diri Anda.

Selain melakukan teknik dengan cara yang tepat, maka Anda pun juga dapat untuk memperhatikan pada perlengkapan yang harus Anda persiapkan sebelum melakukan panjat tebing, yaitu:

1. Helm.
Helm ini memiliki peran untuk menjaga kepala agar terhindarkan dari yang namanya bahaya sebagai cara untuk menghindari bahaya terhadap resiko tertimpa benda jatuh atau benturan.

2. Tali kernmantle.
Peran dari tali kernmantle ini pun juga menjadi perlengkapan yang harus dipersiapkan dan diperhatikan dengan baik agar panjat tebing Anda dapat berjalan dengan baik.

3. Climbing Shoes atau sepatu panjat.
Peran sepatu ini memiliki kegunaan untuk melindungi kaki pada saat berpijak pada permukaan yang keras.

4. Chalk bag atau kantung kapur.
Ini merupakan tas untuk menampung bubuk magnesium klorida dalam membantu pemanjat untuk mengurangi kelembapan dibagian telapak tangan pada saat panjat tebing.

5. Sling.
Sling digunakan untuk runners atau untuk back up.

Masih ada banyak perlengkapan yang harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin pada saat Anda akan melakukan panjat tebing atau rock climbing yang perlu dipersiapkan dengan sebaik mungkin dan sematang mungkin agar panjat tebing yang Anda lakukan dapat terjaga dengan baik dan tentunya tidak akan menimbulkan bahaya apa pun yang dapat menjadikan diri Anda mengalami cidera.

0 komentar:

Posting Komentar