Rabu, 11 April 2018

Jenis-Jenis Tinta Sablon Kaos dengan Kelebihannya

Jenis-Jenis Tinta Sablon Kaos dengan Kelebihannya

Tinta merupakan salah satu bahan yang dibutuhkan dalam proses sablon kaos. Jenis tinta yang digunakan akan menentukan bentuk dari hasil sablon yang dihasilkan. Setiap mesin sablon yang digunakan juga akan memakai jenis tinta yang beragam sesuai kebutuhan produksi. Berikut jenis-jenis tinta sablon dengan kekurangan dan kelebihan yang dimilikinya.

1. Tinta Rubber
Tinta sablon jenis ini digunakan khusus untuk bahan kain yang berwarna gelap. Tinta ini memiliki kelebihan dengan sifatnya yang pekat sehingga dapat menutup permukaan warna kain dengan baik. Tinta rubber terdiri atas dua jenis dengan fungsi yang berbeda-beda.

Pertama, tinta rubber white yang digunakan untuk underbase/dasar dan digunakan untuk mendapatkan warna-warna pastel atau muda. Kedua, rubber colour fungsinya sebagai pencampuran warna-warna tua.

2. Cat Transparan
Jenis tinta ini merupakan tinta yang memiliki bentuk seperti tinta extender yang transparan. Kelebihan tinta ini memiliki kandungan yang lebih kuat atau lebih keras. Tinta ini sangat bagus digunakan pada teknik sablon separasi empat warna yang penggunaannya dilakukan setelah memberikan tinta rubber white pada permukaan bahan kain yang akan disablon. 

3. Cat Solvenbase/Plastisol
Jenis tinta yang digunakan untuk menciptakan efek-efek unik pada kain yang disablon. Penggunaan tinta ini memerlukan pengeringan hingga suhu 160 derajat celcius dengan menggunakan peralatan conveyor curing dan flash curing. Hasil daya rekat yang dimiliki tinta ini sangat kuat. Namun, saat menyetrika kain dengan sablon ini tidak boleh secara langsung.

4. Cat High Opacity
Tinta ini merupakan tinta yang cara menggunakannya dengan sifat water base. Tinta ini memiliki kemampuan daya tutup pada permukaan kain yang lebih baik dibandingkan dengan tinta rubber. Bisanya tinta ini digunakan untuk teknik sablon high density. Tinta ini juga bisa digunakan untuk teknik sablon kaos digital.

5. Cork Base
Tinta jenis ini akan menghasilkan sablon pada baju dengan efek seperti busa atau gabus. Kelebihan yang dimilikinya adalah kelenturan dan fleksibilitas yang tinggi sehingga cocok digunakan pada bahan kain yang memiliki kelenturan tinggi seperti bahan spandex dan rib. Tinta ini juga tidak bermasalah jika di dry clean, bleach atau disetrika.

6. Shimmer Gold & Base
Jenis tinta sablon shimmer diformulasikan untuk menciptakan warna metalik pada kain. Bentuk tinta ini seperti pasta dan siap untuk langsung dipakai. Penggunaan tinta ini sangat baik untuk heat transfer, baik itu cold peel maupun hot peel. Selain itu juga bagus digunakan untuk kain knitting, cotton, polyster dan rayon.

Industri tekstil akan terus berkembang sehingga akan banyak jenis-jenis tinta yang bermunculan. Perkembangan ini berbanding lurus dengan hadirnya sablon kaos murah di pasaran tekstil. Bahkan harga yang tak disangka akan bermunculan untuk merebut banyak konsumen. Hal ini akan membuat Anda perlu semakin cerdas dan teliti dalam memilih sablon yang akan digunakan. 

0 komentar:

Posting Komentar