Tips Menjaga Kebugaran Badan

Tips Menjaga Kebugaran Badan

Aktivitas dan asupan makanan adalah faktor utama dalam menentukan kebugaran tubuh kita. Bukan rahasia lagi kalau olahraga memegang peranan penting.

Lalu, bagaimana cara menjaga kebugaran tubuh meski rasa malas terus merundung? Kini, para pakar menemukan solusi praktis untuk menjaga kebugaran tubuh tanpa harus melakukan usaha ekstra.

Jika ingin hidup sehat, yang kita butuhkan adalah sedikit penyesuaian. Pelatih pibadi Cassie White, mengatakan ada beberapa contoh kegiatan sederhana yang bisa membantu menjaga kebugaran tubuh.

Menurut White, kegiatan seperti mengendarai sepeda, hiking bersama teman, atau menggunakan mesin eliptical sambil menonton televisi bisa menjadi alternatif olahraga. "Pastikan kita melakukannya dengan langkah cepat yang membutuhkan usaha," ucap dia.

Durasi waktu yang tepat, untuk aktivitas fisik intensitas kuat bisa dilakukan antara 75-150 menit. Ini berarti, olahraga minumum yang harus kita lakukan agar selalu sehat adalah 2,5 jam per minggu, dengan melakukan aktivitas sedang seperti jalan kaki, sepeda, atau berenang.

Sementara, untuk aktivitas tinggi, misalnya berlari atau mengikuti olahraga interval intensitas tinggi, durasi minimun untuk melakukannya adalah satu setengah jam per minggu. Sementara, aktivitas penguatan otot, seperti push up, sit up, dan squat, harus dilakukan setidaknya dua kali seminggu.

Ini dilakukan untuk mempertahankan massa otot, yang pada gilirannya melindungi sendi, dan tulang rawan. Juga direkomendasikan pengurangan jumlah waktu yang kita habiskan untuk duduk.

Ini penting karena, seperti yang dilaporkan Mayo Clinic, semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk duduk setiap hari, semakin tinggi risiko masalah metabolisme. Kondisi itu pada akhirnya dapat memengaruhi kesehatan dan harapan hidup.

Bahkan, risiko ini tetap mengintai meski kita melakukan aktivitas fisik harian dengan jumlah yang disarankan. Selain itu juga diperlukan olahraga lebih banyak jika ingin menurunkan berat badan, mempertahankan penurunan berat badan, atau menjaga kebugaran.

Disebutkan, akan ada lebih banyak manfaat kesehatan jika durasi olahraga meningkat menjadi 300 menit atau lebih dalam seminggu. Selain itu, bagi yang tak mempunyai cukup waktu untuk berolahraga, mereka bisa memecah rutinitas olahraga menjadi beberapa bagian. 

Misalnya, jika kita tidak bisa berolahraga dengan berjalan kaki selama 30 menit, cobalah beberapa langkah selama lima menit sebagai gantinya. Sekecil apapun aktivitas fisik yang kita lakukan, itu akan mendatangkan kebaikan, dibandingkan sama sekali tak berolahraga.

0 komentar:

Posting Komentar