Kualitas Didapat dari Posisi Tidur yang Tepat

Kualitas Didapat dari Posisi Tidur yang Tepat

Hal yang paling penting dari tidur adalah berapa berkualitasnya tidur kita. Dengan tidur yang berkualitas akan membuat keseharian kita menjadi lebih nyaman.

Ada banyak faktor yang menyebabkan tidur menjadi tidak berkualitas dan mengganggu keseharian seseorang besoknya.

Namun, ada satu faktor yang kerap diabaikan. Yah, posisi tidur juga turut menentukan kualitas tidur kita. Alaska Sleep Clinic mengklaim tidur telentang adalah cara terbaik untuk mendapatkan kualitas tidur maksimal.

Posisi tidur ini membantu menjaga kepala, leher dan tulang belakang dalam posisi netral. Bahkan, mampu mengurangi risiko asam lambung. Sayangnya, posisi tidur ini kurang populer di kalangan masyarakat.

National Sleep Foundation menemukan hanya delapan persen orang Amerika memilih untuk tidur telentang. Posisi tidur ini dianggap sebagai posisi alami serta tidak dalam posisi canggung. Selain itu, posisi ini membuat tubuh berada di posisi terbaik untuk melawan naiknya asam lambung.

Namun, posisi ini tidak cocok untuk penderita sleep apnea karena membuat lidah menghalangi saluran pernapasan. Apalagi, bagi mereka yang tidur mendengkur, posisi ini akan memperparah gejala yang dimiliki.


Berdasarkan laporan laman Express, posisi tidur yang paling populer adalah posisi foetal alias tidur menyamping dengan lutut kaki yang naik atau ditekuk mendekati dada. Tapi, posisi seperti bayi dalam kandungan ini bisa menyebabkan sakit radang sendi atau kesulitan bernapas.

Sebagai gantinya, pertimbangkan tidur telentang, atau miring. Jika memilih untuk tidur telentang atau miring, cara terbaik adalah meletakkan lengan di samping tubuh. Ini adalah posisi tidur yang cocok jika kita menderita sakit punggung. Cara ini juga membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Selain posisi tidur, faktor lain yang menentukan kualitas tidur adalah durasi kita saat tidur. 

Setiap orang butuh waktu yang berbeda untuk tidur. Namun, manusia rata-rata butuh enam hingga sembilan jam untuk tidur setiap malamnya. NHS menekankan pentingnya menjaga jam tidur teratur untuk memprogram otak dan jam tubuh internal membiasakan diri dengan rutinitas yang ditetapkan.

Kita bisa secara teratur tidur lebih awal dan melakukan rutinitas tertentu untuk merilekskan tubuh sebelum tidur. Beberapa orang berendam dalam air hangat untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Ada juga yang menuliskan tugas di hari esok sebelum memejamkan mata.

0 komentar:

Posting Komentar