5 Keunikan Budaya Betawi yang Tersembunyi

5 Keunikan Budaya Betawi yang Tersembunyi

Suku Betawi adalah sebutan untuk orang yang lahir di Jakarta atau penghuni asli ibu kota. Sebagaimana kebudayaan lainnya, suku Betawi juga memiliki budaya yang unik. Beberapa kebudayaan itu di antaranya bahasa yang digunakan, kesenian ondel-ondel, tari cokek, lenong, wayang kulit betawi, dan masih banyak lagi. Tak jarang juga ada akademisi dari luar kota atau luar negeri yang menginap hotel di Jakarta untuk melakukan penelitian tentang suku Betawi beserta kebudayaannya yang unik. 

Keunikan Budaya Betawi

Hingga saat ini masyarakat Betawi terus mengembangkan kebudayaannya agar tetap eksis dan tidak tergerus jaman. Mengingat Jakarta sendiri berperan penting dalam perekonomian karena menjadi pusat ibu kota Indonesia. Oleh sebab itu, secara tidak sadar terjadi persilangan kebudayaan karena banyaknya orang yang datang ke Jakarta untuk mengadu nasib. Maka tidak heran apabila suku Betawi berusaha melestarikan kebudayaan khas Jakarta itu. Nah, kebudayaan yang unik tersebut akan diuraikan di bawah ini.

1. Bahasa yang Digunakan
Bahasa khas suku Betawi sebenarnya menggunakan bahasa Melayu, namun dialek yang digunakan masih berdasarkan Melayu Jakarta. Bahasa suku Betawi ini justru digunakan kebanyakan masyarakat Indonesia. Karena dialek bahasa Betawi sendiri tidak terlalu membingungkan, hanya terdapat perbedaan pada huruf baca e menjadi a. Keunikan bahasa Betawi ini yakni karena menggunakan bahasa Melayu khas Jakarta.

2. Tari Cokek
Tari cokek dikabarkan hampir saja punah karena pengaruh asimilasi kebudayaan orang-orang yang datang ke Jakarta. Namun, hingga saat ini masih banyak seniman Betawi yang memainkan tarian ini. 

Tari cokek yang khas dengan kostum warna-warni serta diiringi alat musik gambang kromong menjadi salah satu kebudayaan unik yang perlu dilestarikan. Kesenian tari cokek menarik minat para akademisi kebudayaan untuk melakukan penelitian hingga mencari hotel murah di Jakarta untuk menetap sementara waktu. 

3. Lenong
Mungkin hampir semua masyarakat Indonesia kenal dengan kesenian lenong. Sebuah kesenian yang menampilkan teater tradisional yang diiringi dengan gendang, gambang kromong, gong, dan sebagainya. Teater ini menggunakan bahasa Betawi sebagai dialognya yang menyampaikan banyak pesan moral. Hingga saat ini, kesenian lenong masih eksis di acara hiburan-hiburan tradisional.

4. Ondel-ondel
Pernah mendengar lagu “Yuk kita nonton ondel-ondel, nyok”? Ya, lagu itu merupakan lagu khas Betawi yang mendeskripsikan kesenian ondel-ondel. Ondel-ondel merupakan salah satu kesenian Betawi yang masih sering dimainkan hingga saat ini. 

Ondel-ondel sendiri merupakan sebuah boneka raksasa setinggi 2,5 meter. Menurut kisahnya, pada zaman dulu ondel-ondel ini digunakan untuk melindungi anak-anak di desa. Namun, sekarang boneka besar ini dijadikan sebagai hiburan tradisional khas Jakarta.

5. Silat Betawi
Apakah Anda mengenal si pitung? Si Pitung adalah seniman silat asal Betawi yang sangat terkenal dikalangan masyarakat Jakarta. Kesenian silat ini sekarang sudah masuk dalam pagelaran olahraga Asian Games. Hal ini tentu sangat membanggakan, karena kesenian bela diri khas Indonesia ini telah menjadi cabang olahraga tingkat internasional. Kesenian bela diri silat ini terus diajarkan masyarakat Betawi sejak dini kepada anak-anaknya.

Nah, demikianlah beberapa keunikan budaya Betawi yang tersembunyi dari mata dunia. Mungkin sebagian dari Anda baru mengetahuinya sekarang, karena budaya khas mereka tertutup oleh kebudayaan lain yang berkembang di Jakarta. 

Untuk melestarikan kembali budaya Betawi ini, beberapa peneliti kebudayaan sering melakukan penelitian. Kemudian mereka tinggal di apartemen Jakarta yang dipesan dari Pegipegi. Kelebihan pesan apartemen di Pegipegi tentu lebih mudah karena pelayanannya 24 jam non-stop. 

0 komentar:

Posting Komentar